Lagi proses seleksi kerja/beasiswa? Suka bingung sama pertanyaan ini?

1. Sebelumnya kamu ngapain aja?

2. Apa prestasi/pencapaian kamu?

3. Kelemahan kamu apa?

Coba pakai STAR framework. Ini ngebantu bikin kalimat yang rapi ala ‘storytelling’ dan mudah dipahami.

  1. SITUATION

Jelasin dulu kondisinya. Latar belakang masalah, konteks, data yang ada, atau apapun biar orang paham apa yang sedang terjadi. Jangan tiba-tiba  jelasin soal kamu.

Misal, “ketika saya bergabung, timnya cuma berdua dan harus menangani 5 project skala nasional bersamaan.” dst

  • TASK

Lanjut ke tugas. Kamu disuruh apa? Atau kamu punya inisiatif apa dari situasi tersebut? Serta jelasin kenapa itu penting.

Misal, “karena tidak ada dokumen progress tracking yg rapi. Jadi saya ditugaskan untuk merapikan project management biar tahu apa yang belum dan sudah.”

  • ACTION

Tindakan yg kamu lakuin. Jelasin runtut kamu ngapain saja, dari yg paling high-level atau esensial sampai detail relevan utk dijelasin.

Missal “Lantas saya buat google sheet bersama buat tim & para vendor plus meeting mingguan. Semua progress, kendala & MoM (minutes of meeting)  ditulis di situ.”

  • RESULT

Hasil dari tindakanmu. Apa dampak yg kamu & semua pihak terlibat rasakan dalam proses tadi secara nyata dan terkait langsung sama pekerjaan.

Misal, “Hasilnya, kelima project bisa dijalankan tanpa kendala berarti. Semua laporan keuangan tercatat rapi. Efeknya ada penghematan 20% yang menguntungkan perusahaan”

Simple kan, yuk bisa diaplikasikan saat kamu apply lowongan kerja. Selamat mencoba dan salam sukses.

Sumber: twitter/angga_fzn

Author

Write A Comment