Bagimana strategi Teh Pucuk Harum yang berhasil menggeser kedudukan Teh botol sosro dan memenangkan persaingan. Yuk kita lihat strateginya
Teh pucuk harum berada di posisi tertinggi minuman teh dalam kemasan menurut Top brand Index fase 1 tahun 2022. Padahal, kita semua pasti tau bahwa Brand teh botol sosro sempat menjadi top of mind dengan tagline nya yg terkenal “Apapun makannya minumnya teh botol sosro”
Beberapa strategi yang diambil oleh Teh Pucuk Harum adalah :
- Diferensiasi
Pada tahun 2011, Teh pucuk harum mengedukasi customer dengan kalimat “teh terbaik ada di pucuknya”. Betul, pasti masih pada ingat iklan ulat bulu yang “Pucuk pucuk pucuk”
- Konsisten dan Berani
Untuk menancapkan kuat kata-kata “pucuk” di benak konsumen, Mayora juga berani mengeluarkan budget iklan yg cukup tinggi. Menurut Adquest Nielsen, di tahun 2011 Mayora mengeluarkan dana 2 kali lipat dari teh sosro untuk iklan di televisi yakni Rp94,55 miliar.
- Jeli membaca kebutuhan pasar dan melihat kelemahan kompetitor. seperti
- Teh pucuk mengetahui rasa dari teh sosro yang “nyangkut” di tenggorokan sehingga mereka membuat inovasi teh yang “menyegarkan dan ga bikin nyangkut”
- Teh pucuk mengetahui karakter millenial yang tidak loyal, dan jeli terhadap harga. Sehingga menawarkan produk yang lebih murah, lebih banyak, dan kemasannya travel size
“Generasi muda itu tidak terlalu brand loyal. Mereka lebih siap mencoba produk baru. Untuk itulah, inovasi menjadi kunci,” ujar Triyono yang juga direktur di PT Coca Cola Indonesia yang memproduksi RTD tea merek Frestea.
Coba dari ketiga cara ini mana yg bisa kita terapkan supaya brand kita sukses dan dikenal ? selamat mencoba
Sumber: twitter/erahmat_id